Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket Photobucket

Rabu, 08 Juni 2011

" PERSONALITY PUZZLE "

Seorang CIO selain dituntut mengetahui hal-hal yang bersifat teknis tentunya harus mengerti pulak yang namanya soft skills. Seorang pemimpin mestinya tahu sifat2 anak buahnya, hal ini dalam rangka memudahkan dalam pendekatan dan juga dalam kelangsungan kepemimpinannya. Mengatur seorang manusia itu lebih susah dibanding ngatur 100 ekor domba gembalaan. Domba atau binatang lain masih bisa kita atur dan arahkan tanpa banyak kendala. Sedangkan manusia, satu sama lainnya itu berbeda-beda baik dari segi keinginan dan juga tingkah lakunya.
Apa jadinya CIO yang tidak mengerti kondisi seperti itu. Nah dalam sebuah buku yang judulnya Personality Puzzle dijelaskan tentang jenis-jenis dan tanda-tanda tentang kepribadian tersebut. Pada intinya dalam buku tersebut kepribadian dibagi menjadi 4 besar yaitu Sanguin, Koleris, Melankolis dan Plegmatis. Nah ke empat kepribadian tersebut diatas mempunyai ciri atau tanda-tanda yang berbeda-beda sehingga bisa diketahui apakah si fulan atau si fulanah itu sanguin, koleris, melankolis atau plegmatis.
Seorang Sanguin biasanya populer (senang kepopuleran atau senang untuk di kenal), emosional, jenis binatang yang menggambarkan sanguin itu Lingsang, berpengaruh, sosialis, ekspresif.
Koleris itu kuat, berkemauan, digambarkan seperti singa, dominan, pemimpin, pendorong atau motivator
Melankolis itu perfectsionis (sang sempurna), rasional, digambarkan seperti berang-berang, hati-hati, pemikir dan analistis
Plegmatis itu damai, pribadi (penyendiri), digambarkan seperti anjing pemburu yang mantab dan penghubung atau wasit yang menyenangkan.

Nah, kalau anda itu emosional, kemudian sosialis dan ekspresif, maka besar kemungkinan anda seorang sanguin, demikian pula bisa anda berkemauan keras, sangat dominan, senang memimpin dan memberikan dorongan, maka tak diragukan anda seorang koleris.
Lalu kepribadian mana yang cocok untuk menjadi seorang CIO..?? tentu saja seorang koleris yang dominan lebih cocok untuk seorang pemimpin dibandingkan dengan yang lainnya.
Walaupun demikian, biasanya tidak ada atau jarang sekali seseorang itu sanguin 100% atau koleris 100% dan yang lainnya. Akan tetapi kebanyakan adalah sifat tersebut merupakan campuran dari ke empat kepribadian di atas kemudian ada satu yang paling dominan, misalnya si fulan itu 15 % sanguin, 65 % koleris dan 20 % melankolis, maka dia itu dominan koleris akan tetapi bisa jadi dia juga sosialis dan analistis.
Jadi, siapakah diri anda..?? apakah sanguin yang populer, koleris yang kuat, melakolis yang sempurna ataukah plegmatis yang damai..???? silakan anda nilai diri anda sendiri, mudah-mudahan hal ini bisa membantu anda di tempat kerja, karena dengan mengetahui diri sendiri dan mengetahui orang lain maka itu termasuk dari strategi untuk memenangkan peperangan ala Sun Tzu.